Anugrah Kesembuhan

11 April 2010

(Anugrah kesembuhan secara kreatif)

YOHANES 9:1-7

9:1 Waktu Yesus sedang lewat, Ia melihat seorang yang buta sejak lahirnya.

9:2 Murid-murid-Nya bertanya kepada-Nya: "Rabi, siapakah yang berbuat dosa, orang ini sendiri atau orang tuanya, sehingga ia dilahirkan buta?"

9:3 Jawab Yesus: "Bukan dia dan bukan juga orang tuanya, tetapi karena pekerjaan-pekerjaan Allah harus dinyatakan di dalam dia.

9:4 Kita harus mengerjakan pekerjaan Dia yang mengutus Aku, selama masih siang; akan datang malam, di mana tidak ada seorang pun yang dapat bekerja.

9:5 Selama Aku di dalam dunia, Akulah terang dunia."

9:6 Setelah Ia mengatakan semuanya itu, Ia meludah ke tanah, dan mengaduk ludah-Nya itu dengan tanah, lalu mengoleskannya pada mata orang buta tadi

9:7 dan berkata kepadanya: "Pergilah, basuhlah dirimu dalam kolam Siloam." Siloam artinya: "Yang diutus." Maka pergilah orang itu, ia membasuh dirinya lalu kembali dengan matanya sudah melek.


  1. PENDAHULUAN

Sering kali kita hampir mirip dengan murid-murid Tuhan Yesus ketika berjumpa dengan orang yang sakit ataupun yang bermasalah. Kita semestinya tidak berfokus dengan masalah atau sakit penyakit, tetapi berfokus kepada Tuhan yang dapat memberikan jaminan bahwa oleh bilur-bilurNya kita menjadi sembuh. Yesaya 53:5 Tetapi dia tertikam oleh karena pemberontakan kita, dia diremukkan oleh karena kejahatan kita; ganjaran yang mendatangkan keselamatan bagi kita ditimpakan kepadanya, dan oleh bilur-bilurnya kita menjadi sembuh.


Kita tidak bisa menduga-duga tentang penyebab, orang ini sakit seperti yang oleh para murid Tuhan Yesus tanyakan kepada Yesus. (ayat 2) "Rabi, siapakah yang berbuat dosa, orang ini sendiri atau orang tuanya, sehingga ia dilahirkan buta?"

Memang Alkitab merekomendasikan, tentang orang-orang yang sakit karena dosa, Kejatuhan manusia dalam dosa berdampak adanya sakit penyakit. Karena setan yaitu seorang ayah yang membawa anaknya sakit ayan dalam Matius 17:14-21, karena kelalaian, karena diijinkan Tuhan terjadi seperti ayub dan Rasul Paulus. Tetapi adakalanya kita tidak mengerti. Namun satu hal yang kita mengerti dari bacaan diatas adalah agar nama Tuhan dimuliakan. (ayat 3) Jawab Yesus: "Bukan dia dan bukan juga orang tuanya, tetapi karena pekerjaan-pekerjaan Allah harus dinyatakan di dalam dia.


  1. ANUGRAHNYA SANGAT KREATIF

Dalam bacaan ini ada sesuatu yang luar biasa yang Tuhan Yesus lakukan yang tidak semestinya dilakukan. Di sini kita dapat memperoleh pemahaman bahwa Yesus adalah pribadi yang luar biasa. Penyembuhan yang Yesus lakukan sangat KREATIF. TUHAN kita adalah Tuhan yang kreatif.

    1. Ada kalanya Yesus menyembuhkan dengan berfirman ( Matius 15: 28 Maka Yesus menjawab dan berkata kepadanya: "Hai ibu, besar imanmu, maka jadilah kepadamu seperti yang kaukehendaki." Dan seketika itu juga anaknya sembuh).

    1. Ada kalanya Yesus menyembuhkan dengan menjamah ( Matius 20:34 Maka tergeraklah hati Yesus oleh belas kasihan, lalu Ia menjamah mata mereka dan seketika itu juga mereka melihat lalu mengikuti Dia).

    1. Ada kalanya Yesus menyembuhkan dengan hardikan ( Matius 17:18 Dengan keras Yesus menegor dia, lalu keluarlah setan itu dari padanya dan anak itu pun sembuh seketika itu juga).

    1. Ada kalanya Yesus menyembuhkan dengan penumpangan tangan (Matius 8:15 Maka dipegang-Nya tangan perempuan itu, lalu lenyaplah demamnya. Ia pun bangunlah dan melayani Dia).

    1. Ada kalanya Yesus menyembuhkan dengan memerintahkan (Matius 9:6 : "Bangunlah, angkatlah tempat tidurmu dan pulanglah ke rumahmu!" Dan orang itu pun bangun lalu pulang).

    1. Dan Masih banyak lagi cara Tuhan menyembuhkan orang-orang sakit.

    2. Di ayat ini Yesus menyembuhkan dengan meludah ke tanah dan mengaduknya dan mengoleskannya pada mata orang itu.


Tuhan Yesus adalah Tuhan yang kreatif dalam melakukan untuk menyembuhkan kita, artinya Tuhan punya segudang cara yang kreatif untuk menyembuhkan orang yang sakit. Janganlah kita seperti Naaman Sang Jendral berkusta, yang mau mengatur Nabi Eliza untuk menyembuhkan sakitnya (2 Raja-Raja 5:9 Kemudian datanglah Naaman dengan kudanya dan keretanya, lalu berhenti di depan pintu rumah Elisa.

5:10 Elisa menyuruh seorang suruhan kepadanya mengatakan: "Pergilah mandi tujuh kali dalam sungai Yordan, maka tubuhmu akan pulih kembali, sehingga engkau menjadi tahir."

5:11 Tetapi pergilah Naaman dengan gusar sambil berkata: "Aku sangka bahwa setidak-tidaknya ia datang ke luar dan berdiri memanggil nama TUHAN, Allahnya, lalu menggerak-gerakkan tangannya di atas tempat penyakit itu dan dengan demikian menyembuhkan penyakit kustaku!


Persoalannya adalah, bagaimana kita merespon akan penyembuhan Yesus yang kreatif tersebut.

Tugas dan bagian kita adalah melakukan apa yang menjadi bagian kita (ayat 4) Kita harus mengerjakan pekerjaan Dia yang mengutus Aku, selama masih siang; akan datang malam, di mana tidak ada seorang pun yang dapat bekerja. Apa bagian kita untuk hal ini? Bagian kita adalah percaya.


  1. PENUTUP

Mari kita mengalami dan mengambil fasilitas ANUGRAH KESEMBUHAN dari Tuhan Yesus yang KREATIF. Rahasianya adalah jangan lagi berfokus pada masalahmu, atau mau mengatur Tuhan menyembuhkan kita dengan cara-cara kita, tetapi percayalah bahwa Tuhan mempunyai cara-cara yang kreatif dan bervariasi dalam melakukan kesembuhan dalam hidup kita. Alami…. Alami….. dan Alami kuasa kesembuhanNya.


By: Pdt. Markus Sudarji, S.Th


0 Response to "Anugrah Kesembuhan"

Post a Comment

Powered by Blogger