Orang Percaya Hidup karena Iman Kepada Iman

31 Januari 2010

Saya percaya tahun 2010 sesuai dengan tema tahun ini: tahun pemulihan keluarga. Setiap keluarga dipulihkan secara rohani yaitu seisi keluarga dapat percaya kepada Tuhan Yesus. Pulih jasmani semua diberkati dengan kesehatan, keuangan, bisnis dipulihkan, dll. Pulih secara jiwani: ada damai sejahtera, karakter yang dipulihkan, dll. Untuk kita bisa masuk dalam perjanjianNya tersebut, kita harus punya aksesnya yaitu IMAN. Dan jika kita sudah bisa masuk dalam perjanjianNya, maka kita harus tetap berjalan dengan iman.

I. ARTI IMAN:

Ibrani 11:1 Iman adalah dasar dari segala sesuatu yang kita harapkan dan bukti dari segala sesuatu yang tidak kita lihat.

Iman adalah DASAR

Janji-janji Tuhan itu banyak sekali, janji-janjiNya itu sudah siap diberikan dan pasti diberikan kepada anak-anakNya. Orangtua pasti mau terus memberikan yang lebih baik bahkan yang terbaik kepada anak apalagi Bapa disurga. Tapi mengapa banyak dari antara kita yang tidak menerima janji-janji Tuhan? Jawabannya: karena TIDAK PUNYA DASAR. Dasar berarti juga landasan, alat penerima, wadah. Jadi sebagai anak Tuhan kita perlu menyiapkan dasar/wadah/alat penerima/landasan yaitu iman. Tuhan mau kita bertumbuh dari iman yang satu kepada iman lainnya. Iman keselamatan merupakan iman dasar, iman pertama, ini juga sebagai landasan dari iman yang lainnya. Tanpa iman keselamatan, kita tidak dapat bertolak kepada iman lainnya.

Iman juga BUKTI dari segala sesuatu yang tidak kita lihat.
Bukti dari segala sesuatu yang tidak kita lihat. Apa yang Tuhan kasih kita tidak lihat karena barang Tuhan itu barang-barang yang sifatnya dunia roh. Hanya bisa dilihat dengan mata iman.

II. CARA IMAN BERTUMBUH

- Membaca dan merenungkan Firman (Roma 10:17)
- Memperkatakan Firman Tuhan.

III. JENIS IMAN

1. General Faith= ini tidak menyelamatkan. Dalam hal ini kita hanya percaya akan adanya Tuhan.

2. True Faith= Iman sejati. Inilah iman yang menyelamatkan kita. Iman karena menjadikan Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat (roma 10:9-10).

3. Daily Faith= Roma 14:23. Dan segala sesuatu yang kita lakukan tidak berdasarkan iman adalah dosa. Apapun yang kita kerjakan harus berdasarkan iman. Menikah, sekolah, bekerja bahkan makan, dll harus berdasarkan iman kalau tidak pasti akan kacau.

4. Gift of Faith (God faithfulness) = imannya Allah. Imannya Allah ini akan bekerja dalam diri kita melalui:
  • Perintah bukan permohonan.
  • Tidak bimbang/ tidak ragu-ragu
  • Bekerja dengan posisi pribadi yang benar Roma 5:17, Markus 11:25, Yakobus 5:16.
GBU

0 Response to "Orang Percaya Hidup karena Iman Kepada Iman"

Post a Comment

Powered by Blogger